Pages

Labels

Kamis, 10 Oktober 2013

5 tol terpanjang di dunia

1. Pan American Highway
Inilah jalan tol terpanjang di dunia yang terbentang dari Alaska di bagian utara Amerika menyusuri Meksiko hingga berakhir di bagian selatan Cile, negara di ujung Amerika Selatan. Tidak kurang dari 25 negara, 17 di antaranya ibu kota negara-negara Amerika Latin, dilalui oleh jalur bebas hambatan yang total panjangnya mencapai 47.516 kilometer ini. Bagi sebagian warga di Amerika Latin, Pan American Highway tak ubahnya jalan sutra Amerika karena jalur ini menghidupkan akses ekonomi antar-negara-negara di benua itu.

2. Australia’s Highway
Seperti halnya Pan American Highway, jalan bebas hambatan yang beroperasi di benua paling selatan di dunia ini, Australia, sejatinya adalah sistem atau kesatuan jalan-jalan yang membentang mengelilingi seluruh negara bagian Australia. Tidak kurang dari satu juta orang menggunakan jalan tol dengan panjang mencapai 14.500 kilometer ini untuk aktivitas mereka sehari-hari.
Sejak tahun 1955, Administratur Rute Nasional Australia melahirkan terobosan sistem penomoran jalur antar-negara bagian untuk mempermudah pengaturan lalu lintas. Jalur Sydney-Melbourne adalah jalur yang mendapatkan kehormatan menyandang identitas jalur Highway 1. Tidak hanya itu, jalur ini juga dikenal sebagai  jalur Prince of Wales. Pemberian nama itu sebagai wujud penghormatan kepada Pangeran Wales yang pernah berkunjung ke sana pada  tahun 1920-an.

3. Trans Siberian Highway
Setelah Amerika dan Australia, Rusia ternyata juga memiliki jalan tol panjang yang layak dibanggakan ke hadapan komunitas global. Adalah Trans Siberian Highway, jalan tol yang terbentang menghubungkan Rusia bagian utara hingga menuju bagian tenggara negara itu yang berbatasan dengan Laut Jepang dan Samudra Pasifik. Panjang jalan bebas hambatan ini mencapai 11.000 kilometer. Dua kota yakni St.  Petersburg dan Vladivostok menjadi dua ikon kota yang menghubungkan awal dan akhir jalan tol kebanggaan Negara Beruang Merah itu.

4. Trans Canada Highway
Negeri jiran di sebelah utara Amerika ini tidak mau kalah dalam hal pembangunan jalan  bebas hambatan. Negeri berlambang daun mapel ini memiliki Trans Canada Highway yang tidak lain adalah jalur tol terintegrasi modern yang menghubungkan Vancouver, British Columbia, hingga berakhir di St. John's, Newfoundland. Tidak kurang dari satu windu dibutuhkan untuk membangun jalan tol yang melalui 10 provinsi dan 5 zona waktu ini.


5. Route Six Highway
Negara yang besar adalah negara yang arif menghargai sejarahnya. Amerika, yang merdeka pada tahun 1776, bisa menjadi contoh betapa mereka begitu menghargai jasa para bapak bangsanya. Penghargaan kepada para sosok besar itu bisa dilihat dari diabadikannya George Washington (presiden pertama AS) di lembaran uang dolar mereka. Hal lain juga dapat diabadikan dengan menyematkan identitas jalan tol.
Route Six Highway adalah jalan bebas hambatan yang beruntung menyandang identitas nama besar tokoh Amerika, Franklin Delano Roosevelt. Jalan ini kali pertama dibangun pada tahun 1925 sebagai respons atas kian menggeliatnya ekonomi Negeri Abang Sam, khususnya di pantai timur Amerika sebagai kota tujuan bisnis dunia. Jalan tol ini memiliki panjang 5.158 kilometer yang bermula dari Massachusetts menuju Brewster, New York.

0 komentar:

Posting Komentar